9/12/13

Cara Membuat SSH Server & Client pada MikroTik OS

6 comments
Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat ssh server dan client pada OS Mikrotik. Kebanyakan orang membuat server ssh menggunakan os linux debian, centos,ubuntu dll, baik untuk dipakai sendiri maupun disebarkan secara gratis atau bahkan dijual :) . Sebenarnya Mikrotik pun bisa kita manfaatkan sebagai server ssh, apalagi bagi kalian yang mempunyai warnet menggunakan router mikrotik tentu menjual ssh akan menjadi penghasilan tambahan bagi warnet anda. Ohya kalau kalian pernah melihat saat terhubung ssh dengan bitvise kemudian muncul string ROSSH itu berarti server ssh menggunakan mikrotik.

Ok deh, kita mulai konfigurasi mikrotik nya. Kita asumsikan IP Public  mikrotik kita adalah 192.168.100.1

Masuk pada terminal mikrotik, lalu ketik perintah berikut


Standart default nya adalah port 22, namun jika anda ingin merubah port 443 karena alasan provaider ISP tertentu silahkan set dengan perintah diatas. Kalau gak mau ribet ya pakai winbox aja :D


Kemudian kita buat group buat klien nya, sekaligus untuk pembatasan klien. perhatikan ss dibawah ini :


 Masih di jendela yang sama pilih tab user


Sekarang kita coba test user yang telah kita buat tadi menggunakan putty.


dan kita coba test akses user tadi apakah bisa mengotak-atik konfigurasi router kita


Dan test pakai bitvise client



Demikian tutorial ini saya buat dengan sebenarnya, atas perhatian saya ucapkan terima kasih. hehehe :D ok guys itu tadi cara mudah membuat ssh server & client pada router mikrotik os, sekaligus cara membuat ssh string ROSSH. Untuk tutorial pembuatan ssh dengan os linux akan saya bahas pada artikel selanjutnya dan juga berbagai tutorial mikrotik. Tunggu aja tanggal updatenya :P

Good Luck

6 comments :

  1. keren ini blog nya gan, membahas semua tentang OS Mikrotik. Update trus :)

    ReplyDelete
  2. Ribet banget yah gan, mending beli aja hehe

    Blog Walking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya untuk edukasi saja om, bagi yang anti ribet silahkan beli saja. :v

      Thanks visiting om

      Delete
  3. gimana cara mendapatkan ssh nya untuk dijual kembali boss...?

    ReplyDelete

Silahkan tulis kritik, saran dan pertanyaan kalian.

Notice :
Tolong jangan gunakan nama Anonymous, gunakanlah Name/URL, Google ID, Wordpress ID, Tyepad dll. Mohon pengertiannya untuk menghindari spam, bagi yang masih ngeyel mengunakan anonymous terpaksa komentar kami hapus.

- Terima Kasih