Latihan 7.2.2.4 Menyusun RIP dan EIGRP
7.2.2.4 Packet Tracer - Membandingkan Pemilihan Jalur RIP dan EIGRPPembangunan:
Ketika PCA berkomunikasi dengan PCB, hanya ada dua cara di mana transmisi dapat terjadi.RA → R1 → R2 → R3 → RBRA → R4 → R5 → RB
Pada akhirnya, protokol routing memutuskan cara mana yang akan digunakan untuk transmisi. Ada perbedaan antara RIP dan EIGRP.
Untuk wayfinding, apa yang disebut metrik digunakan, tetapi dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.
Metrik disimpan dalam tabel rute dan digunakan untuk menentukan bagaimana paket harus diteruskan melalui jaringan. Protokol yang berbeda menggunakan properti yang berbeda untuk menentukannya.
RIP (Routing Information Protocoll) adalah salah satu protokol jarak-vektor tertua. Untuk membuat metrik, ia hanya menggunakan jumlah hop, yaitu berapa banyak router paket yang dikirim. Semakin sedikit router, semakin kecil nilai metriknya.
EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) awalnya adalah protokol CISCO sendiri, tetapi sekarang telah dibuka. Tidak seperti RIP, EIGRP menggunakan lebih banyak properti daripada hanya jumlah hop untuk membuat Metrik. Berikut ini digunakan:BandwithMenundaMuatRelabillityJumlah Hop
Dalam tugas ini, kita harus menentukan jalur mana yang digunakan oleh setiap protokol.
Pemilihan Jalur:EIGRP vs RIP
Dengan Routingprocoll EIGRP, Metric memberikan perhatian khusus pada bandwith, delay, load dan reliability. Ini berarti bahwa transmisi yang lebih cepat ada di latar depan.
Rip, di sisi lain, menggunakan "hop counts" sebagai metrik, yaitu jumlah perangkat perantara yang dilalui selama transmisi.
Dengan demikian, EIGRP akan memilih rute yang lebih panjang, tetapi jalur ini memiliki bandwidth yang lebih tinggi secara keseluruhan.
RIP hanya akan memilih jalur yang lebih pendek berdasarkan jumlah hop, bahkan jika yang ini jauh lebih lambat di sini.
OSPFIntroduksi ke OSPFGeneral:
OSPF... Open Shorted Path First adalah protokol routing seperti "RIP". OSPF, di sisi lain, didasarkan pada algoritma Dijkstra, yang menghitung rute terpendek, diukur dengan apa yang disebut "jumlah hop".
Dengan OSPF, setiap router harus mengetahui seluruh topologi jaringan. Router saling mengenal dengan apa yang disebut "protokol Halo" dan dengan demikian mendapatkan gambaran umum tentang jaringan. Informasi yang dikumpulkan digunakan untuk membuat pohon pertama jalur terpendek (pohon SPF) dan tabel rute. Jenis OSPF:OSPFv2 untuk IPv4OSPFv3 untuk IPv6OSPF Area TunggalMulti Area OSPFAlgoritma Dijkstra:
Algoritma Dijkstra memecahkan masalah jalur terpendek untuk simpul awal tertentu. Dengan demikian menghitung jalur terpendek antara node awal yang diberikan dan salah satu node yang tersisa dalam grafik tertimbang tepi.
Untuk grafik yang tidak terarah terputus-putus, jarak ke node yang tidak ada jalur dari simpul awal tidak terbatas. Hal yang sama berlaku untuk grafik terarah yang tidak terkait kuat.
Performa:Semua node harus diperlakukan dan ditentukan sebagai "dikunjungi".Dari satu simpul, semua tetangga harus selalu berjalan pergi dan jarak masing-masing harus dimasukkan dalam tabel.Setelah semua tetangga telah dihapus dari node, Anda memulai node yang memiliki jarak terendah dari titik awal dan dari sana semua tetangga → dll.
Konfigurasi OSPF pada router adalah sebagai berikut.
Setelah memasukkan alamat IP, wildcard digunakan. Wildcard pada dasarnya adalah mitra untuk subnet mask. 0s dan 1s hanya ditukar di sini.
Angka setelah "area" pada prinsipnya adalah penunjukan atau penomokan area, sehingga Anda dapat membedakannya satu sama lain.
Router(config)#router ospf 1Dengan perintah ini Anda beralih ke mode konfigurasi untuk OSPF. Angka di akhir menunjukkan area mana jika beberapa telah dikonfigurasi
Router(konfigurasi)#network 172.16.0.0 0.0.0.0.255 area 1
Dengan perintah ini Anda menambahkan jaringan yang ditentukan ke tabel perutean. Selain itu, Anda harus menentukan topeng Whiledcard sehingga router tahu seberapa besar jaringan atau subnet itu. Selain itu, harus ditentukan ke area mana jaringan ini milik.Latihan 5.2.2.4
5.2.2.4 Packet Tracer - Pemecahan Masalah Perutean Antar-VLAN Pembangunan:
Tugas:Membongkar Masalah JaringanMemecahkan masalah jaringanPeriksa fungsionalitas jaringan1.Kesalahan jaringan:
2. Memecahkan masalah jaringan:
Setiap kesalahan jaringan harus diperbaiki sehingga jaringan berfungsi dengan baik lagi.
Buka mode konfigurasi untuk Subinterface GigabitEthernet 0/1.10
Tetapkan VLAN 10 ke antarmuka ini sehingga router juga dapat meneruskan paket
R1(config-subif)#encapsulation dot1q 10
R1(config-subif)#ip tambahkan 172.17.10.1 255.255.255.0
Bawa antarmuka ke mode trunk, sehingga paket semua VLAN dapat diteruskan
S1(config-if)#switchport batang mode
Solusi untuk kesalahan ini telah dibahas dalam gambar.3. Periksa fungsionalitas:
Setelah itu, hanya PC dari PC lain yang di-ping untuk memeriksa fungsionalitas.