11/20/13

Review Mikrotik Router RB750up (Warnet Family)

No comments
Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit mereview Router Mikrotik RB750, jenis produk router ini memang lebih sering diminati oleh para pengusaha warnet, karena memiliki jumlah port ethernet sejumlah 5 slot. Sehingga memungkinkan untuk mencoba berbagai topologi jaringan dan penambahan cpu pendukung seperti proxy server. Selain itu RB750 juga memungkinkan kita untuk menambah atau menghubungkan dengan router lain mengingat tegangan pada POe mencapai 10-28V.

Router RB750 mempunyai CPU dengan kecepatan 400MHz, kapasitas 32MB, dan memory penyimapan internal 64MB. Hal tersebut membuat kinerja router RB750 lebih handal dalam mengatur kebutuhan dan kestabilan jaringan. Router RB750 mampu bertahan dibawah tekanan suhu -30 derajat C dan +60 derajat C sehingga dalam kondisi cuaca apapun ketangguhan router tetap terjamin. Selain itu juga router satu ini dilengkapi dengan port USB sehingga memungkinkan untuk melakukan load balancing dengan menggunakan modem usb. RB750 juga sudah dilengkapi dengan lisensi level 4 tanpa DOM, namun tetap bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan.

Adapun kelemahan pada Router RB750 ini, dengan kapasitas processor, ram dan memory internal yang sangat kecil tidak memungkinkan kita untuk memasang proxy server internal pada router jika dipaksakan dapat menyababkan router menjadi hang/macet. Selain itu tidak adanya slot memory external semakin manambah keterbatasan menggunakan proxy mengingat jika hanya mengandalkan memory internal sangat tidak memadai, namun hal itu dapat disiasati dengan menambah cpu khusus untuk proxy server. Kemudian router rb750 ini hanya mendukung kecepatan maksimal dalam hitungan Mbps belum mendukung kecepatan Gigabit.

Harga baru mikrotik router Rb750 ini berkisar Rp. 600.000,-an bisa dilihat pada website resmi mikrotik indonesia www.mikrotik.co.id
Demikian sedikit informasi review router RB750 ini, semoga dapat membantu.

No comments :

Post a Comment

Silahkan tulis kritik, saran dan pertanyaan kalian.

Notice :
Tolong jangan gunakan nama Anonymous, gunakanlah Name/URL, Google ID, Wordpress ID, Tyepad dll. Mohon pengertiannya untuk menghindari spam, bagi yang masih ngeyel mengunakan anonymous terpaksa komentar kami hapus.

- Terima Kasih